Halaman Facebook Twitter Warta Lumajang Langganan Berita
Anda Membaca: Birokrasi Pemutakhiran Data Pemilih Pilgub Jatim Diduga Tidak Sesuai Prosedur

Pemutakhiran Data Pemilih Pilgub Jatim Diduga Tidak Sesuai Prosedur

PDFCetakEmail

Hisbullah Huda, Anggota Panwaslu LumajangHisbullah Huda, Anggota Panwaslu LumajangWartalumajang.com - Terkait dengan tahapan pemutakhiran data pemilih untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2013 Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Provinsi Jatim menemukan sejumlah kejanggalan dan Bawaslu menduga tahapan tersebut tidak sesuai dengan prosedur, mekanisme dan tata cara.

Hal ini tertuang dalam instruksi Bawaslu Propinsi Jatim no. 291/BAWASLU-PROV/JTM/VI/2013 yang ditujukan kepada Ketua Panwaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Menurut Bawaslu, data DP4 tidak dilakukan pemutakhiran, sehingga data DPS masih tetap sama dengan data DP4 dan data tersebut telah disampaikan kepada KPU Provinsi Jatim sebagai data DPS.

Menanggapi hal tersebut, Divisi Pengawasan dan Humas Panwaslu Kabupaten Lumajang, Hisbullah Huda kepada media ini mengatakan pihaknya juga menemukan sejumlah kejanggalan dalam pemutakhiran data pemilih tersebut.

Diantaranya ada salah satu kecamatan di Kabupaten Lumajang yang tengah melakukan proses pemutakhiran data sekitar tanggal 9-30 Juni lalu, namun sebelum proses tersebut rampung KPU Lumajang telah mengirimkan DPS ke KPU Provinsi.

"Hal ini kami ketahui berdasarkan laporan hasil pengawasan yang dilakukan petugas Panwascam, namun hal ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Lumajang saja, hampir semua kabupaten/kota di Jatim mengalami hal serupa, oleh karena itu Bawaslu mengirimkan instruksi ini," kata Hisbullah.

Instruksi dari Bawaslu ini memerintahkan kepada komisioner Panwaslu untuk melakukan klarifikasi secara berjenjang sesuai dengan wilayahnya. Untuk Panwaslu Kabupaten/ kota agar melakukan klarifikasi kepada KPU Kabupaten/kota. "Sedangkan untuk klarifikasi kepada PPK dan PPS, Panwaslu dapat mendelegasikan kepada Panwascam sesuai dengan wilayahnya masing-masing," imbuh Hisbullah.

Klarifikasi berjenjang ini dilakukan agar proses pemutakhiran data yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di masing-masing wilayah benar-benar valid sehingga tidak terjadi kekacauan dalam data DPT.

Panwaslu juga akan memastikan kinerja jajaran KPU hingga kebawah benar-benar bekerja secara optimal demi suksesnya Pilgub ini. "Hal ini juga demi menjamin jangan sampai hak konstitusi warga negara hilang," pungkas Hisbullah.

Bagikan

Index Birokrasi

Konsolidasi 3 Pilar Perkuat Persatuan...
Jumat, 14 Maret 2014 12:12
Konsolidasi 3 Pilar Perkuat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa
Wartalumajang.com – Guna memperkuat kembali persatuan dan kesatuan menghada...
Pembagian BSM di Lumajang Dinilai Tid...
Rabu, 12 Maret 2014 16:26
Pembagian BSM di Lumajang Dinilai Tidak Adil
Wartalumajang.com – Bantuan Siswa Miskin (BSM) merupakan salah satu program...
DPRD Lumajang Akhirnya Resmi Bentuk P...
Kamis, 27 Pebruari 2014 14:45
DPRD Lumajang Akhirnya Resmi Bentuk Pansus Pertambangan Pasir
Wartalumajang.com – Melalui sidang Paripurna DPRD yang dihadiri sejumlah pejab...
Kapolres : Olahraga Bersama Sebagai S...
Jumat, 21 Pebruari 2014 16:39
Kapolres : Olahraga Bersama Sebagai Sarana Ciptakan Pemilu Aman dan Damai
Wartalumajang.com – Menjelang Pemilu Legislatif (Pileg) yang akan berlangsung ...
Sekda: Cagar Budaya Lumajang Harus Se...
Kamis, 20 Pebruari 2014 15:41
Sekda: Cagar Budaya Lumajang Harus Segera Dilindungi
Wartalumajang.com – Sebagai bentuk sosialisasi atas Rancangan Peraturan Daerah...
Web Designer