Halaman Facebook Twitter Warta Lumajang Langganan Berita
Anda Membaca: Peristiwa Warga Sentul Geger, Macan Kumbang Masuk Perkampungan

Warga Sentul Geger, Macan Kumbang Masuk Perkampungan

PDFCetakEmail

warga yang berkerumun didepan rumah Mulyadiwarga yang berkerumun didepan rumah MulyadiWartalumajang.com - Warga Dusun Sumber Desa Sentul Kecamatan Sumbersuko hari ini, Rabu (2/10), digegerkan dengan kemunculan seekor macan masuk dalam rumah salah seorang warga, hewan buas berjenis macan kumbang tersebut masuk perkampungan diduga karena habitatnya di hutan yang ada dilereng Gunung Semeru terganggu.

Awalnya, Mulyadi (48) bersama anaknya sekitar pukul 04.00 Wib lari tunggang langgang keluar rumah sambil berteriak minta tolong, tetangga yang mendengar teriakan tersebut berhamburan keluar rumah dan bertanya kepada Mulyadi, kemudian Mulyadi menceritakan jika didalam rumahnya ada seekor macan kumbang.

"Saya melihat pak Mulyadi sudah dikerumuni warga dalam kondisi pucat seperti ketakutan. Dalam kondisi takut, Pak Mul juga bercerita jika ada macan kumbang masuk di dalam dapur rumahnya," kata Didik, tetangga korban

Warga yang mendengar informasi tersebut dengan dipersenjatai pentungan dan alat pemukul lainnya segera mengamankan rumah Mulyadi dengan mengunci semua pintu dan jendela agar hewan tersebut tidak keluar rumah dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Setelah mengamankan rumah Mulyadi, warga segera menghubungi Mapolsek Sumbersuko, tak lama kemudian Kapolsek Sumbersuko datang bersama sejumlah anggotanya yang sebagian besar membawa senapan laras panjang langsung mengamankan rumah Mulyadi.

Kapolsek Sumbersuko AKP Khuzaini saat dikonfirmasi sejumlah wartawan mengatakan, ketika mendapat informasi jika ada macan kumbang masuk kerumah warga pihaknya langsung melakukan kroscek. "Ternyata benar, macan kumbang itu berada didalam dapur rumah Mulyadi. Saya langsung berkoordinasi dengan Kapolres, TNI, TNBTS dan Kehutanan mas,” ungkapnya

Sekitar pukul 10.00 Wib, hampir bersamaan beberapa petugas dari Koramil, TNBTS serta Dinas Kehutanan pun tiba dan langsung melakukan pengamanan awal dengan memasang jaring mengelilingi rumah Mulyadi.

Karena macan kumbangnya tergolong liar dan besar, terpaksa pihaknya harus mendatangkan tim penjinak dari Taman Safari Indonesia (TSI). ”Ini pengamanan awal mas, ya sambil menunggu tim penjinak dari TSI,” kata Anton, salah seorang petugas TNBTS.

Pukul 13.00 Wib Tim penjinak dari Taman Safari Indonesia tiba dilokasi dengan peralatan lengkap. Disana dengan dibantu petugas dari kepolisian, TNI, TNBTS serta dari Dinas Kehutanan langsung melakukan penangkapan terhadap macan kumbang tersebut.

Penangkapan berjalan cukup alot karena macan kumbang tersebut beberapa kali melawan dan menerjang petugas. ”Petugas dari TSI dan dari kepolisian ada yang terluka di terkam macan kumbang mas, saat ini sudah dilarikan ke rumah Sakit,” ujar Anton.

Kendati begitu, kejadian ini tidak membuat petugas takut untuk menangkapnya. Dengan keberanian dan kekompakan petugas, dua jam kemudian macan kumbang yang membuat warga geger berhasil dijinakkan dan ditangkap petugas.

”Jangan khawatir pak, macan kumbangnya telah saya jinakkan dan saya tangkap dan terus saya bawa ke Taman Safari Indonesia,” ujar Anton.

Index Peristiwa

PT. IMMS Tidak Bertanggungjawab Jika ...
Sabtu, 22 November 2014 18:55
PT. IMMS Tidak Bertanggungjawab Jika Ada Penambangan Yang Mengatasnamakan PT. IMMS
Wartalumajang.com – Manajemen PT. IMMS menegaskan, jika sekarang ada penambang...
Baru Ambil Dari Bank, Uang Rp 110 Jut...
Kamis, 20 November 2014 17:50
Baru Ambil Dari Bank, Uang Rp 110 Juta Amblas Digondol Maling
Wartalumajang.com - Mobil Toyota Avanza warna silver Nopol N-452-YS milik juraga...
Kapolres : Kejadian di Kepri Tidak Be...
Kamis, 20 November 2014 17:42
Kapolres : Kejadian di Kepri Tidak Berpengaruh di Lumajang
Wartalumajang.com – Menyikapi kejadian bentrok antara TNI dan Polri di Kepri k...
Tolak Kenaikan BBM, Aksi PMII Lumajan...
Rabu, 19 November 2014 16:04
Tolak Kenaikan BBM, Aksi PMII Lumajang Ricuh
Wartalumajang.com - Aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM yang dimotori Pe...
H-2 Penggusuran Warung JLT, Paguyuban...
Selasa, 18 November 2014 11:25
H-2 Penggusuran Warung JLT, Paguyuban Pedagang Layangkan Surat Ke DPRD
Wartalumajang.com – Dua hari menjelang batas akhir yang ditetapkan Pemkab Luma...
Web Designer